Menteri Asman: Insyallah Satu Minggu Lagi Saya Umumkan


By | 19.02 Leave a Comment
Menteri PANRB
Menteri Asman bersama Gubernur Kaltara Irianto Labrie | Credit Image menpan.go.id
asncpns.com - Asman Abnur selaku Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menteri PAN-RB) menyatakan bahwa pihaknya telah melakukan penyisiran belanja pegawai dari 500 kabupaten dan kota. dari penyisiran tersebut, pihaknya mengaku bahwa ada sekitar 224 kab/kota belanja APBD-nya di atas 50 persen.



"Idealnya belanja pegawainya di bawah 50 persen.‎ Karena banyak yang di atas 50 persen, harusnya tidak diberi formasi. Namun, karena di antara daerah tersebut ada yang ditempatkan bidan PTT, guru garis depan, penyuluh pertanian, penegak hukum, akhirnya sebagai diberi formasi," ungkap dalam media KemenPAN-RB, Kamis (29/9/2016).

Pihaknya mengaku sangat memperhatikan porsi Anggaran Penerimaan dan Belanja Daerah (APBD), dan hal ini juga akan menjadi dasar penerimaan Aparatur Sipil Negara kedepannya. "Coba bayangkan, ada satu daerah belanja pegawainya sampai 80 persen. Nanti akibatnya, bupati, wali kota waktu kampanye, janjinya juga banyak. Terus kalau dana APBD habis untuk belanja pegawai saja, kira-kira janjinya bisa dipenuhi enggak? Kan repot juga bupatinya. Nah ini, salah satu yang sedang kita kaji," tambahnya.

 Dari laporan data yang diterimanya dari jajarannya, banyak daerah yang mempunyai nilai merah dari segi belanja pegawainya. Dengan menerima tanda merah tersebut, maka daerah itu menggunakan APBD-nya lebih dari 60% ."Kalau sudah kita buka datanya, boleh dimuat (diberitakan). Enggak apa-apa. Ideal itu sebenarnya di bawah 50 persen. Kalau di bawah itu, kalau ada penambahan pegawai akan kita pertimbangkan, membuka formasinya."

Mengenai maraknya pemberitaan dan pesan berantai penerimaan CASN, Menteri Asman mengaku bahwa pihaknya masih menyelidiki hal tersebut. "Insyallah satu minggu lagi saya umumkan. Karena sekarang ini sedang finalisasi," kata Asman di kawasan Kota Baru Parahyangan, Bandung, Kamis (29/9/2016).

Sementara itu, Herman Suryatman selaku Kepala Biro Hukum Komunikasi Informasi Publik (HKIP) KemenPAN-RB menghimbau masyarakat untuk berhati-hati, karena mpai saat ini KemenPAN-RB belum mengumumkan secara resmi rekrutmen CPNS 2016. Itu sebabnya masyarakat diminta berhati-hati dengan tindakan penipuan yang kini semakin marak.

"Seluruh proses rekrutmen CPNS akan kami umumkan resmi di portal KemenPAN-RB dan BKN. Jadi bagi calon pelamar silakan cek di dua portal itu saja. Karena penyelenggarannya adalah dua instansi ini," tegasnya.

Sambil menunggu kepastian silakan persiapkan diri anda dengan bahan pembelajaran CPNS terbaik "PAKET LKIT" untuk mendapatkan hasil terbaik !! Berikut adalah tanggapan Menpan RB tentang Paket LKIT http://www.paketlkit.com/p/special.html

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: