Peserta CPNS Berguguran Karena TOEFL


By | 00.52 Leave a Comment
asncpns.com - Peserta CPNS tahun 2014 di lingkungan Badan Kepegawaian Negara berguguran karena ketidak sesuaian TOEFL, terlihat dari pertama kali pelaksanaan Tes Kompetensi Dasar yang dilaksanakan oleh instansi ini pada hari kemarin (10/11). Jumlah pelamar yang mendaftar secara online melalui portal panselnas dan yang lulus seleksi administrasi adalah sebanyak 8.453 untuk formasi di kanreg seluruh Indonesia. Sedangkan untuk BKN pusat pelamar yang telah lulus seleksi administrasi dan berhak mengikuti TKD adalah sebanyak 2.706 peserta. Pada sesi pertama pelaksanaan TKD di BKN ruangan tampak lengang, ruangan yang telah disiapkan untuk sejumlah peserta ternyata hanya terisi sebagian.

Peserta CPNS Berguguran Karena TOEFL

TOEFL merupakan salah satu persyaratan administrasi yang harus dipenuhi oleh peserta, namun tidak semua instansi menggunakan TOEFL hanya sebagian saja tergantung kebutuhan. Kebanyakan kendala dari para pelamar pada saat mendaftar di instansi yang mengharuskan untuk melampirkan TOEFL adalah skor nya yang tidak mencukupi. Namun peserta yang berguguran di BKN adalah karena masa berlaku sertifikat yang tidak sesuai. Seperti yang diterangkan oleh Weni Maryanita, Panitia pengadaan CPNS BKN Tahun Anggaran 2014, “Banyak peserta yang gugur saat verifikasi berkas, mayoritas sertifikat Test of English as a Foreign Language (TOEFL) tidak sesuai.”

Masa berlaku dari sertifikat tersebut adalah selama 2 tahun sejak dikeluarkan, dan untuk persyaratan CPNS BKN maksimal berlaku sertifikat TOEFL adalah 12 September 2014. Karena alasan ini maka peserta tidak bisa lulus administrasi, karena sudah menajdi peraturan sejak awal yang tidak bisa diganggu gugat.

Dari jumlah peserta yang akan mengikuti seleksi Tes Kompetensi Dasar di BKN pusat setiap harinya akan dibagi menjadi lima sesi per hari dengan lama pelaksanaannya adalah 4 hari. Sebelum pelaksaan tes dimulai para peserta diberikan pengarahan terlebih dahulu Sudwidjo Kuspriyo Murdono selaku ketua panitia pengadaan CPNS BKN TA 2014 dengan memberikan motivasi dan meyalami peserta yang terlihat gugup.

Sampai saat ini telah banyak instansi yang melaksanan tes kompetensi dasar dan bagi instansi yang mengadakan TKB juga sudah memulainya. Namun untuk hasil pengumuman kelulusan belum ada instansi yang mengumumkannya, diperkirakan akan segera diumumkan sebelum tahun anggaran yang baru. Sebagai pembelajaran untuk tes kompetensi bidang, asncpns.com merekomendasikan untuk mempelajari Paket LKIT TKB yang bisa diakses di www.paketlkit.com.

Karena setiap instansi memiliki syarat yang berbeda untuk skor TOEFL, di beberapa daerah hasil skor dimanipulasi menggunakan jumlah yang palsu. Bahkan sebagian rela membayar dengan biaya yang lebih besar supaya skor asli yang tadinya kecil dinaikkan. Ini menjadi salah satu kecurangan yang mewarnai pelaksanaan tes CPNS 2014, selain itu masih ditemui adanya percaloan di beberapa daerah.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: