CPNS Bodong Ikut Orientasi CPNS?


By | 19.48 Leave a Comment
CPNS
asncpns.com - Para Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang telah dinyatakan lolos pada jalur umum tahun 2014 lalu di Kabupaten Buton Utara, saat ini sedang memasuki tahap orientasi. Tapi dalam tahap orientasi ini diduga terjadi kecurangan, pasalnya ada 15 orang tambahan yang mengikuti orientasi ini. Hasilnya sekelompok masyarakat mendatangi kantor Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Butur untuk mengklarifikasi tambahan 15 orang tersebut.

Masyarakat menduga jika 15 orang tersebut CPNS bodong yang tidak lulus tes rekrutmen CPNS 2014 lalu, tapi diusulkan untuk mengikuti orientasi. “Kedatangan kami ingin mempertanyakan dan mengklarifikasi pernyataan kepala BKD yang mengungkapkan bahwa ada tambahan peserta CPNS yang akan mengikuti masa orientasi di Butur selama beberapa hari ini. Mereka itu lulusan tahun berapa dan melalui jalur apa?” ujar La Ode Rahma, salah satu demonstran.

Menurutnya pada tahun lalu tidak ada tambahan maupun CPNS susulan namun tiba-tiba ada informasi bahwa ada susulan peserta orientasi yang dinyatakan lulus sebagai CPNS angkatan 2014. “Kalau kondisinya seperti ini berarti pada saat perekrutan CPNS lalu, tidak transparan. Dan kami yakin ini adalah permainan oknum. Sebab dari sekian peserta tambahan itu, ada salah seorang teman kami yang tidak masuk namanya dalam daftar pengumuman kelulusan, tetapi ikut orientasi. Jadi ada indikasi permainan gelap dalam penerimaan CPNS Butur,” tanbahnya.

Dia menambahkan bahwa jika ditambah dengan 15 orang tersebut maka kuota Kabupaten Buton Utara yang dibrikan oleh Panselnas ini terpenuhi. Karena kuota yang diberikan kepada Kabupaten Buton Utara ini sebanyak 121 formasi CPNS, namun yang dinyatakan lulus sebanyak 106 orang.

Menurut Sekretaris daerah (Sekda) Butur, La Djiru, SE, M.Si., dirinya tidak mengetahui adanya tambahan CPNS tersebut dan hahkan ia memastikan bupati dan wabup tak mengetahui hal itu.
“Saya belum tau adanya tambahan itu. Nanti dikonfirmasi kepada BKD,” ungkapnya, La Djiru (18/5/2015)

Tapi Drs. La Ode Abdul Mustari selaku Kepala BKD Butur, membenarkan adanya tambahan tersebut karena menerima surat pemberitahuan dari Badan Kepegawaian Negara (BKN), bahwa akan ada tambahan peserta orientasi di Butur. “Tidak ada itu yang namanya CPNS gelap atau ilegal dalam perekrutan CPNS 2014 lalu. Tambahan yang 15 orang ini adalah peserta CPNS yang lulus vertikal. Dan yang memerintahkan untuk mengikuti orientasi di Butur, itu dari BKN langsung, bukan permintaan dari BKD Butur. Kami hanya menerima undangan bahwa ada tambahan peserta orientasi dari pusat,”ujarnya.

Dia juga menambahkan tidak ada yang namanya CPNS siluman, 15 orang tambahan itu menurutnya mengikuti seleksi di Jakarta bukan di Buton Utara. Mereka diutus langsung oleh BKN untuk datang ke Buton Utara untuk mengikuti proses orientasi.

Saat ini penerimaan CPSN 2015 telah memasuki tahap verifikasi data usulan, karena input usulan sudah formasi daerah melalui e-formasi telah ditutup hari Senin Malam (18/5/2015). - Bagi anda yang akan ikut berpartisipasi mengikuti tes CPNS tahu ini kami rekomendasikan untuk mempelajari materi terbaik  Paket LKIT 2015.


Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: