Formasi CPNS 2016 Lulusan SMA


By | 00.56 Leave a Comment
TES CPNS SMA

asncpns.com - Bagi anda yang hanya lulusan SMA dan berkeinginan menjadi pegawai CPNS, jangan pesimis untuk mewujudkannya, karena kesempatan selalu terbuka bagi anda yang selalu berusaha memperjuangkannya, meskipun peluangnya hanya sedikit. Penerimaan CPNS 2016 nanti akan mengakomodir lulusan SMA yang diperuntukan untuk mengisi kekosongan formasi Sipir atau penjaga lembaga permasyarakatan (LP) dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP).

Bambang Dayanto Sumarsono, Asisten Deputi (Asdep) Kebijakan, Penyusunan Evaluasi Program, dan Pembinaan SDM Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPan-RB) menjelaskan perencanaan semula yang hanya menyediakan calon pegawai negeri sipil minimal untuk lulusan Diploma Tiga (D3).


Penerimaan formasi Sipir dan Satpol PP lebih memilih dari lulusan D3 ketimbang lulusan SMA karena dianggap mampu mengatasi dan bisa mengendalikan emosi saat bertugas di sekitar lingkungan orang-orang yang menjalani sanksi kurungan di LP. Selain itu, persoalan kekurangan SDM di beberapa daerah ada yang menyesuaikan dengan kebutuhan, misalnya seluruh formasi CPNS Sipir dan Satpol PP dibutuhkan minimal D3, sehingga pelamar untuk SDM lulusan SMA akan terbatas.

Bambang mengemukakan, "Tapi itu rupanya belum bisa diterapkan karena masih banyak daerah yang SDM-nya terbatas tingkat pendidikannya", seperti dikutip dari JPNN Rabu (10/11/2015). Bambang menegaskan untuk tahun depan dipastikan tidak ada penerimaan CPNS Tenaga Administrasi karena sudah banyak, yang ada hanya tersedia formasi CPNS tenaga pendidikan, tenaga kesehatan, tenaga penegak hukum, lulusan sekolah ikatan dinas, lulusan sarjana cumlaude, dan tenaga penyuluh.

Tidak adanya perekrutan CPNS dalam jumlah besar di tahun 2016 disebabkan dana anggaran yang tidak mencukupi. Dana untuk pengadaan CPNS 2016 ini diambil dari penghematan anggaran instansi terkait.



Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: