Seputar Informasi Pengumuman Resmi CPNS


By | 22.22 3 comments
Kabar penerimaan CPNS dari jalur umum tahun anggaran 2016 yang belakangan mulai berkembang di bulan oktober semakin menyeruak ke permukaan. Sebelumnya, masih dalam tahun ini pemerintah sebenarnya sudah melakukan penerimaan CPNS, hanya saja peruntukannya bukan untuk formasi jalur umum melainkan Pegawai Tidak Tetap - sehingga kabar rekrutmen tersebut tidak seantusias kabar penerimaan CPNS dari jalur umum.

Dimulai pada bulan Mei lalu, pemerintah telah membuka kran penerimaan dengan adanya rekrutmen CPNS untuk Pegawai Tidak Tetap (PTT) Kemenkes. Dilanjutkan penerimaan CASN GGD (Calon Aparatur Sipil Negara Guru Garis Depan) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2016, selanjutnya seleksi CPNS untuk Tenaga Harian Lepas – Tenaga Bantu (THL-TB) Penyuluh Pertanian Kementerian Pertanian.

Diumumkannya penerimaan di ketiga kementerian diatas tersebut tidaklah menyedot perhatian publik, karena yang sebenarnya ditunggu bukanlah berita tersebut - melainkan informasi penerimaan cpns dari jalur umum.
Wajar saja tentunya, setelah beberapa tahun terakhir terutama di era Yuddi Chrisnandi, Menpan RB mengeluarkan kebijakan rasionalisasi PNS yang tentunya tidak disukai kalangan publik ditambah juga dengan moratorium yang seakan menjadi kesempatan CPNS itu sudah tidak ada lagi.

Moratorium sendiri sebenarnya bukanlah penghentian penerimaan CPNS secara 100% melainkan penerimaan cpns disesuaikan dengan azas "zero growth" dimana abdi negara yang memasuki masa pensiun digantikan dengan PNS baru agar jumlahnya tetap sama.
Kebijakan ini sebenarnya sudah diterapkan sejak zaman Menteri Azwar Abubakar memimpin Menpan RB di bawah pemerintahan SBY.

Kebijakan zero growth CPNS diartikan sebagai "hanya merekrut CPNS baru untuk menggantikan PNS yang pensiun, dipecat, atau mengundurkan diri, sehingga tidak ada pertumbuhan pegawai".

Moratorium juga menyangkut beban belanja pegawai yang semakin membengkak. Tidak sedikit instansi terutama Pemda yang alokasi belanja pegawainya lebih dominan dibandingkan anggaran untuk pembangunan demi masyarakat banyak. Tuntutan Undang-Undang tentang Aparatur Sipil Negara juga mengharuskan adanya penataan sumber daya manusia aparatur agar lebih berkualitas dan profesional juga menjadi latar belakang moratorium ini.

Idealnya belanja untuk pegawai adalah dibawah 50%, akan tetapi kebanyakan pemerintah daerah di Indonesia menghabiskan lebih dari 60% untuk belanja pegawai, sehingga hal tersebut akan sangat berdampak pada pembangunan di masing masing daerah.
Dan hal ini pulalah yang menjadi dasar kajian Kemenpan RB dalam memutuskan formasi CPNS di masing masing daerah maupun Kementerian - apakah pihaknya memberikan persetujuan formasi ataukah tidak.

Berita Hoax Penerimaan CPNS 2016


Pada akhir bulan september kemarin memang benar adanya jika beberapa Kementerian telah menginformasikan mengenai Rekrutmen CPNS di masing masing situs website lembaganya dan itu bukanlah berita 'HOAX' yang sering digembor-gemborkankan oleh sebagian orang karena pengumumannya tidak berasal dari situs Menpan RB. Berita tersebut adalah 'benar adanya', akan tetapi dikarenakan dalam rapat kabinet terbatas pada tanggal 22 September 2016, presiden Jokowi belum memberikan keputusan terkait dengan persetujuan prinsip formasi pelamar umum maka pengumuman tersebut dihapus dari website instansi yang bersangkutan.

Sekretaris Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) menegaskan agar semua kementerian/lembaga yang sudah mendapat persetujuan prinsip formasi pelamar umum tahun 2016 tidak menginformasikan hal-hal terkait rencana pengadaan CPNS. “Mengingat belum ada keputusan lebih lanjut dari Presiden, kami harapkan semua kementerian/lembaga yang sudah mendapat persetujuan prinsip formasi pelamar umum tahun 2016 tidak menginformaiskan hal-hal terkait rencana pengadaan CPNS,” ujar Atmaji di Jakarta, Rabu (28/09) seperti dilansir laman Menpan RB dan entah kenapa akhirnya postingan tersebut juga raib dari laman situs Menpan RB.

baca juga: Rekrutmen CPNS jalur umum tunggu keputusan presiden

Rencana Rekrutmen CPNS

Saat ini Menpan RB belum mengeluarkan pengumuman resmi terkait penerimaan CPNS karena masih mengkaji formasi cpns di lembaga kementerian, lembaga negara maupun daerah dan jumlah PNS yang akan memasuki masa pensiun.

Selama Menpan RB belum mengeluarkan pengumuman resmi terkait rekrutmen pns, maka alamat website situs pendaftaran CPNS seperti http://panselnas.menpan.go.id dan sscn.bkn.go.id belum bisa diakses - hal ini dijelaskan sekaligus menjawab pertanyaan yang beredar di sosmed

Menteri Asman Abnur menjelaskan, proses finalisasi dan tahapan akhir akan diumumkan pekan mendatang setelah perhitungan jumlah pegawai yang pensiun dan kemampuan APBN selesai dilakukan.

"Seminggu lagi lah nanti saya informasikan, karena kita masih mengkaji analisa kebutuhan kebutuhan masing masing kabupaten, maupun lembaga maupun kementerian...yang jelas kita kaitkan juga dengan jumlah yang pensiun, sekarang pensiun lebih kurang 100ribu pertahun" ungkap Menteri Asman Abnur dalam acara Media Gathering di Mason Pine Hotel, Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Kamis (29/9/2016)



Berdasarkan ijin prinsip yang dikeluarkan Kemenpan RB alokasi formasi yang disetujui untuk penerimaan CPNS Tahun 2016 adalah sebanyak 82.158 formasi. Formasi dari jalur pelamar umum K/L sebanyak 13.197 formasi. Pemerintah daerah yang mendapatkan alokasi hanya 3 Pemda yakni Provinsi Papua, Provinsi Papua Barat dan Provinsi Kaltara, dengan rincian sebagai berikut :

  1. Kementerian/Lembaga Negara & Pemda (Jalur Ikatan dinas)sebanyak 7381 formasi
  2. Kementerian Kesehatan (PTT) sebanyak 40.056 formasi
  3. Kemdikbud (CASN GGD) sebanyak 7000 formasi 
  4. Kementerian Pertanian sebanyak 7684 formasi
  5. Provinsi Papua sebanyak 4496 formasi
  6. Provinsi Papua Barat sebanyak 1648 formasi
  7. Provinsi Kaltara sebanyak 500 formasi
  8. Kementerian/Lembaga Negara sebanyak 13.197 formasi

Dari total jumlah keseluruhan adalah sebanyak 82.158 formasi. Alokasi tersebut menyesuaikan dengan anggaran perekrutan CPNS yang sudah disetujui oleh Kementerian Keuangan. Jumlah Kementerian Lembaga (K/L) yang mendapat formasi pada pengadaan CPNS Tahun 2016 sebanyak 31 K/L untuk 185 jenis formasi, diantaranya:

Formasi CPNS 2016 ACC

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) sendiri sudah mengeluarkan PermenPAN-RB No 12 Tahun 2016 tentang Formasi CPNS 2016. Peraturan inilah yang menjadi payung hukum pengangkatan formasi jabatan tertentu sesuai persetujuan - akan tetapi sayang peraturan ini tidak dicantumkan di laman perundangan Menpan RB http://www.menpan.go.id/jdih/permen-kepmen/permenpan-rb


Menunggu...

Menunggu memang hal yang sangat menjengkelkan, akan tetapi hal tersebut itulah yang memang saat ini bisa dilakukan oleh para calon pelamar CPNS. Sambil menunggu pengumuman resmi dari Menpan RB ada baiknya anda semakin mempersiapkan kemampuan anda untuk menghadapi tes nanti.



Cukup jelas bahwa pada tahun 2016 ini memang ada rencana penerimaan CPNS dan pengumuman resminya tinggallah menunggu hitungan hari seperti dalam ungkapan Menteri menpan Asman Abnur dalam video diatas. Info tentang alokasi dan penerimaan CPNS 2016 yang admin posting di asncpns.com cukup valid karena faktanya K/L tersebut mendapatkan persetujuan prinsip formasi pelamar umum dari pihak Kemenpan RB.

baca juga: Alokasi formasi CPNS BPK RI 2016

Kapan...??

Kepastian pelaksanaan masih menunggu keputusan lebih lanjut dari Presiden RI sesuai Rapat Terbatas tanggal 22 September 2016 seperti yang disampaikan KemenPANRB. Disaat keputusan telah dibuat barulah Kemenpan RB mengumumkannya secara resmi dan diikuti dengan Instansi K/L memasang informasi pengumuman di masing masing website yang bersangkutan.

Ketika Menteri PAN RB dikonfirmasi lebih jauh mengenai waktu pengumuman dan kuota penerimaan CPNS jalur pelamar umum yang dibuka, Asman masih merahasiakannya. Dengan alasan pemerintah sedang menghitung kebutuhannya.

"Mudah-mudahan dalam waktu dekat ini pengumumannya. Kalau sudah matang, pasti saya umumkan," tegas Asman saat ditanya wartawan di kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Kamis (6/10/2016)

Berikut adalah surat edaran Kemenpan RB yang mengharapkan semua K/L yang sudah mendapatkan prinsip formasi pelamar umum tidak menginformasikan hal-hal terkait dengan rencana pengadaan CPNS tahun 2016 sebelum mendapatkan keputusan dari presiden. Dan surat edaran ini pula yang mengakibatkan dihapusnya beberapa pengumuman CPNS di beberapa kementerian.

Surat Edaran Menpan RB

Semoga informasi ini bisa mengedukasi dan menginformasi semua pembaca yang sedang menunggu pengumuman cpns tahun ini. Tidak semua website itu hoax, carilah situs yang sekiranya bisa memberi manfaat.

Untuk pengumuman CPNS resmi...Mari kita tunggu saja perkembangannya dalam beberapa hari ke depan...

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

3 komentar: