Video of the Day

Kamis, 04 Februari 2016

Pemkab Rohul Menunggu Kepastian CPNS 2016

CPNS 2016 Ditunggu Rohul

asncpns.com – Kepastian waktu pelaksanaan penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun 2016 belum diumumkan resmi dari pemerintah pusat. Hal ini tentunya sedang ditunggu-tunggu oleh warga yang menginginkan posisi pegawai negeri sipil (PNS). Begitu juga dengan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Rokan Hulu (Rohul) Provinsi Riau belum bisa memastikan penerimaan CPNS 2016.

Kepala BKD Rohul Fajar Sidqi menyampaikan bahwa pihaknya sampai saat ini masih menunggu keputusan dari pemerintah pusat melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi dan Birokrasi (KemenPAN-RB). "Bahkan kita belum bisa memastikan apakah ada penerimaan atau tidak tahun ini. Pasalnya dari pihak Kementerian belum ada kepastian yang jelas. Kita masih menunggu instruksi dari Menpan RB," kata Fajar, seperti dikutip dari Tribunnews, hari Rabu (03/02/2016).

Fajar menambahkan, sampai saat ini belum ada surat resmi mengenai pelaksanaan penerimaan CPNS dari pihak Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi dan Birokrasi (MenPAN-RB). Padahal sebelumnya MenPAN Yuddy Chrisnandi akan membuka penerimaan CPNS tahun 2016 di formasi terbatas meski moratorium CPNS masih berlaku hingga menjelang tahun 2019.

Meski begitu, menurutnya pihak BKD Rohul sudah menyelesaikan penghitungan analisis jabatan (Anjab) untuk memenuhi kebutuhan pegawai di Rohul. Sehingga, dikatakannya, Rohul sudah siap jika CPNS akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini.

Seperti yang sudah dijelaskan dalam artikel sebelumnya, pegawai PNS yang ada di Pemkab Rohul saat ini ada sebanyak 6514 pegawai. Sedangkan berdasarkan hasil hitungan anjab untuk 5 tahun kedepan, daerahnya membutuhkan pegawai PNS untuk di tiap-tiap satuan kerja perangkat daerah (SKPD) sebesar 13.202 pegawai. Dengan begitu, jumlah pegawai yang dibutuhkan Pemkab Rohul tinggal 6688 orang lagi.

Perlu diketahui, untuk soal tes CPNS yang akan di teskan dalam tes seleksi CPNS 2016 menggunakan sistem Computer Assisted Tes (CAT), yang terdiri dari 100 soal dengan waktu pengerjaan 90 menit. Soal itu terbagi atas 35 soal TKP (tes karakteristik pribadi) dengan passing grade 126 atau 72% dari nilai maksimal TKP, 30 soal TIU (tes intelegensi umum) dengan passing grade 75 atau 50% dari nilai maksimal TIU, 35 soal TWK (Tes Wawasan Kebangsaaan) dengan passing grade 70 atau 40% dari nilai maksimal TWK. Semuanya itu bisa dipelajari dan miliki Paket LKIT.

Selain itu, pihak Kemendikbud telah menyerahkan naskah soal untuk tes seleksi CPNS 2016 kepada pihak KemenPAN-RB. Adapun bentuk soal tes kompetensi dasar (TKD) materi CPNS 2016 bisa dilihat disini 




Anonim

Author & Editor

ASNCPNS.COM adalah website independent yang tidak dibiayai oleh pihak manapun. Informasi kami selektif, akurat, no-hoax tanpa bumbu-bumbu tambahan yang sekiranya bisa membuat informasi terkesan lebih besar atau lebih baik.



0 komentar:

Posting Komentar

Sosmed Kita

Facebook
Like Us
Google Plus
Follow Us
Twitter
Follow Us
Pinterest
Follow Us

Subscribe dapetin info asncpns

(Kamu dapetin kabar Fresh dari kita, aman dari HOAX)